Tentang Kami

Apakah program pertukaran Bina Antarbudaya itu?

Bina Antarbudaya  adalah organisasi nirlaba yang berafiliasi dengan AFS Internasional yang merupakan pelopor program pertukaran pelajar di dunia. Setiap tahun, Bina Antarbudaya mengirimkan siswa/siswi terbaik Indonesia untuk tinggal dan belajar di beberapa negara di dunia dalam program pertukaran budaya. Siswa/siswi ini dipilih melalui beberapa tahapan seleksi yang sangat kompetitif untuk memastikan bahwa pelajar yang kami kirim benar-benar yang terbaik sebagai duta Indonesia, tanpa membedakan membedakan agama, ras, suku, maupun latar belakang sosial, ekonomi. Untuk lebih lengkapnya mengenai Bina Antarbudaya, silakan kunjungi website kami.

Siapakah yang boleh mendaftar untuk program ini?

Siapapun yang masih duduk di kelas X SMU /  sederajat, warga negara Indonesia, dan tertarik untuk mempelajari budaya dan kehidupan di negara lain. Persyaratan lengkapnya bisa dibaca di blog kami.

Saya adalah siswa pesantren, bisakah saya berpartisipasi?

Kenapa tidak? Seluruh siswa kelas X SMU / sederajat, baik dari SMK maupun pesantren, boleh mengikuti seleksi. Tentu, apabila mendapat izin dari sekolah yang bersangkutan.

Jadi kalau saya sudah kelas XI atau XII, tidak bisa mengikuti seleksi?

Sayang sekali, untuk saat ini kami hanya membuka seleksi setiap tahunnya untuk siswa/i kelas X.

Mengapa hanya mereka yang duduk di kelas X yang boleh mendaftar?

Untuk memastikan bahwa siswa/i yang dikirim merupakan duta bangsa terpilih, mereka harus mengikuti beberapa tahap seleksi di tingkat chapter, nasional, dan internasional. Setelah calon kandidat lolos dari 3 tahap seleksi di tingkat chapter, mereka juga akan diseleksi kembali di tingkat nasional. Kemudian mereka masih menunggu kepastian keberangkatan serta izin dari negara tujuan. Setelah mereka mendapat izin dan memenuhi semua persyaratan, kandidat akan menjalani tahun pertukaran pelajarnya saat ia duduk di kelas XI akhir / kelas XII awal.

Karena proses seleksi yang bertahap inilah, maka kami hanya  membuka kesempatan bagi mereka yang duduk di kelas X untuk mendaftar.

Apakah harus fasih berbahasa Inggris supaya bisa lulus program ini?

Tidak juga. Kemampuan bahasa dan akademis bukan yang kami utamakan dalam memilih kandidat. Kami mencari pemimpin masa depan, mereka yang memiliki semangat dan kepribadian yang kokoh untuk mampu belajar dari budaya yang berbeda. Jadi kamu tidak perlu berkecil hati, bila kemampuan berbahasamu tidak seberapa. Toh, jika kamu terpilih untuk belajar di negara lain, kamu akan menguasai bahasa negara tersebut dalam waktu yang relatif singkat! ;-) Tetapi jangan lupa, tes kemampuan bahasa inggris juga merupakan salah satu tahapan seleksi.

Apakah harus menguasai salah satu kebudayaan daerah agar bisa terpilih?

Penguasaan kebudayaan daerah bisa menjadi nilai tambah untuk peserta seleksi, tetapi tidak diwajibkan. Tapi ada baiknya jika kalian menguasai salah satu bentuk kesenian tertentu agar bisa ditampilkan.

Bagaimana mengenai biaya?

Seperti telah disebutkan, Bina Antarbudaya adalah program nirlaba yang bergerak di bidang pertukaran budaya. Kami memastikan, bahwa siswa/siswi yang kami kirim merupakan siswa/i terbaik yang terpilih melalui seleksi, tanpa memandang latar belakang ekonominya.

Intinya, kami menyarankan agar kamu memberanikan diri untuk mendaftarkan diri. Tak usah takut bahwa kamu tidak cukup berpotensi, yang penting kamu siap membuka diri untuk hal-hal baru. Tidak ada yang tahu, mungkin kamulah orang yang kami cari! Semuanya dimulai dari hari ini…

Apa saja yang harus saya persiapkan untuk mendaftar?

Percaya atau tidak, tidak ada! Yang kamu harus persiapkan hanyalah keinginan yang kuat dan keberanian. Oh iya, kamu juga perlu membawa uang pendaftaran (yang jumlahnya berbeda-beda tiap tahun, biasanya 30 – 50 ribu rupiah) untuk administrasi. Tapi selain itu, simpan dulu semua piagam prestasi dan transkrip nilaimu. Langkah awal adalah datang ke kantor Bina Antarbudaya. Di lembar cara pengisian formulir, kamu akan diberi tahu dokumen apa saja yang diperlukan pada saat verifikasi formulir. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi formulir tepat waktu!!

Di manakah saya bisa mendaftar?

Kamu bisa mendaftar di chapter yang paling dekat dengan tempat tinggal / sekolah kamu. Saat ini Bina Antarbudaya memiliki 20 chapter yang tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya Chapter Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Karawang, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Denpasar, Manado, Mataram, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Balikpapan, dan Makassar.  Untuk informasi chapter yang berada di dekat kota tempat tinggalmu, lihat website Bina Antarbudaya (www.bina-antarbudaya.info)

Untuk kamu yang berdomisili di Palembang dan sekitarnya, formulir hanya bisa didapatkan di kantor sekretariat AFS Chapter Palembang d.a SMA Plus Negeri 17 Palembang, Jalan Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siareng, Palembang.

Bila saya tidak tinggal di Palembang, bolehkah saya mendaftar ke Bina Antarbudaya chapter Palembang?

Yap! Kamu boleh mendaftar, bahkan yang berasal dari luar provinsi Sumatera Selatan seperti Bangka Belitung,  Lampung, Jambi, dll.

Jika saya masih punya beberapa pertanyaan, saya bisa menghubungi siapa?

Jadi penjelasan kami di sini tidak cukup ya? Baiklah, kamu bisa melayangkan pertanyaanmu dengan mengisi comment di post ini. Tapi pastikan bahwa pertanyaan yang kamu tanyakan benar-benar tidak tercakup di halaman FAQ ini, karena bisa berakibat kami tidak menjawab email darimu. Bukannya sombong, tapi kami ingin memastikan bahwa kamu benar-benar memperhatikan. Oke?

Atau kamu bisa menghubungi Pak Arpani di nomor 0813 6778 5935. Kami hanya akan menjawab pertanyaanmu via email dan telepon. Pertanyaan via sms tidak akan ditanggapi.

Tunggu apa lagi? Daftarkan diri kamu segera!!

HOSTING

Apakah selain mengirimkan siswa/siswi Indonesia ke luar negeri, Bina Antarbudaya juga menerima pelajar dari negeri lain untuk tinggal di Indonesia?

Tentu saja! Selama ini Bina Antarbudaya telah menerima pelajar-pelajar dari Jerman, Perancis, Jepang, Australia hingga Amerika untuk tinggal dan hidup serta mempelajari bahasa dan budaya Indonesia. Untuk itu, kami butuh partisipasi keluarga-keluarga Indonesia yang tertarik untuk mempelajari budaya negara lain untuk mau menjadi keluarga angkat (host family) bagi puluhan siswa-siswi asing yang datang untuk tinggal dan belajar di Indonesia setiap tahunnya.


Apa saja tugas host family?

Pada dasarnya, keluarga angkat diberi pengertian untuk menerima anggota baru di keluarga mereka, dan selayaknya disayangi dan diperlakukan seperti anggota keluarga yang lainnya. Ia juga membutuhkan tempat tinggal dan makanan yang cukup, serta ia harus bersekolah di sekolah Indonesia.

Perlu diketahui bahwa siswa/siswi ini akan berada pada suatu lingkungan yang sama sekali baru baginya, baik dari segi budaya, bahasa, hingga situasi di sekitarnya. Dan perubahan tersebut bisa jadi cukup berat bagi mereka. Pada saat-saat seperti inilah peran keluarga angkat sangat penting untuk memberikan pengertian dan dukungan agar siswa dapat mengambil pelajaran yang terbaik dari situasi yang ia hadapi.

Apa persyaratan menjadi host family?

Pada dasarnya niat tulus untuk menerima anggota baru dan keinginan untuk mempelajari budaya bangsa lain sudah cukup untuk mendaftarkan keluarga Anda untuk menjadi calon keluarga angkat. Namun seperti siswa Bina Antarbudaya yang harus menjalani proses seleksi untuk bisa dikirim ke negara lain, calon keluarga angkat juga harus menjalani tahap wawancara untuk memastikan bahwa keluarga tersebut siap untuk menerima siswa AFS, serta untuk menemukan keluarga yang karakteristiknya cocok dengan kepribadian siswa hosting AFS tersebut.

Perlu diperhatikan, bahwa kesediaan keluarga angkat di AFS bersifat sukarela, dalam artian tidak dibayar. Semua berangkat dari niat yang tulus dan keinginan untuk mengenal budaya yang berbeda.

Bagaimana cara mendaftar untuk menjadi host family?

Pertama-tama pastikan bahwa seluruh anggota keluarga telah sepakat untuk menerima siswa AFS, kemudian Anda bisa menghubungi relawan AFS yang anda kenal, atau langsung datang ke YBA chapter Palembang dengan menemui Pak Arpani. Ceritakan  sekilas mengenai keluarga anda serta mengapa anda berminat untuk menjadi host family.

Proses selanjutnya adalah pengisian Host Family Application dan wawancara keluarga. Selanjutnya, bila kami rasa karakter keluarga anda cocok dengan kepribadian siswa tersebut, bersiap-siaplah untuk menerima anggota baru yang sangat unik di keluarga anda! =)

*copas dari binabudbdg.wordpress.com

16 pemikiran pada “Tentang Kami

    • Keberangkatan untuk program AFS yaitu pada saat selesai kelas 11, sehingga siswa akan cuti selama setahun (tidak mengikuti kelas 12). Setelah pulang tahun depan, siswa akan kembali lagi ke kelas 12. Untuk siswa akselerasi, berarti siswa akan berangkat setelah siswa tersebut lulus SMA.

  1. kita akan berangkat saat sudah selesai kelas 11 dan cuti selama 1 tahun? itu berarti kita harus menjalani kelas 12 dulu di saat teman2 se-angkatan kita lulus ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s