Khifzhon’s experiences

By :

Muhammad Khifzhon Azwar

Hoi zäme! Now I’m gonna tell you about my 5 months „in der Schweiz“. Banyak banget yang udah gua dapet disiniiii. Mmm pertama sih kayaknya dari bahasanya ya. Bahasa jerman gua lumayan lah sekarang. High German pastinya. Kalo Swiss German, bisa ngerti sedikit cuma ga ngerti seluruhnya dan belom bisa ngomong. Disini semua orang ngomong satu sama lain pake swiss german. Hampir seluruh kata gitu beda hmmmm terus kemampuan ngurus duit sih masih susah. Herbstferien kemaren alias Fall break alias libur musim gugur gua diajak ke united states of americaaa. Tepatnya ke state Florida. Disana hostfam gua punya rumah, seperti biasa kegiatan2nya ya kayak di daerah tropis, cara berpakaian juga. Setelah fall break, gua baru mulai sekolah seperti biasa dari pagi sampe sore. Disini gua juga ngerayain Halloween sama Thanksgiving, garagara hostdadnya itu American😀 Di sekolah pelajarannya sebenernya sumpah, bukannya sombong ya, tapi jauh lebih gampang dari di Indonesia! Matematiknya kita masih belajar substitusi eliminasi aljabar, terus trigonometri awal2. Kimia masih belajar spdf spdf. Dan lain lain. Dan yang paling bikin gampang adalah, disini caranya aneh, kalo ulangan, latihan, PR, yang kerja itu sebenernya kalkulator. Terus kalo ulangan kimia, behh itu kita dikasih periodic table, rumus2, dll. Jadi cuma kayak tinggal mencet tombol kalkulator gitu haha. Tapi kalo pelajaran Sejarah, speechless. Itu susah banget, soalnya di indo biasanya kita belajar perjuangan kemerdekaan, kerajaan2, disini belajarnya revolusi prancis, dll. Dan semuanya dalam bahasa jerman. Awal bulan desember waktu itu gua, sama anak2 AFS lainnya ke Bundeshaus! Bundeshaus itu kayak istana presidennya gitu. Disini sistem pemerintahannya beda banget sama indo. Interior Bundeshaus itu … wow banget. Kubahnya gitu diukir2, banyak deh, kita juga waktu itu dibolehin ngeliat secara langsung pas kayak pejabat2nya rapat masalah PLTN. Kita liat gitu disana voting etc. Swiss kan bahasa resminya ada 4. Jadi pas rapat ada translatornya gitu, terus juga pas voting bahasanya rameee ja, nein, oui, non, dan lain lain. Kedengerannya agak kampong, Cuma that’s the truth, disini gua pertama kali pegang salju asli alami bukan salju artificial gitu. Walaupun winter tahun ini datengnya telat, tapi tetep aja seru, kita di sekolah main Schneeballschlacht gitu alias snow ball fight, rame banget, ampe dimarahin mas mas OB sekolahnya. Oops. Hahaha. Disini sebelum natal kayak ada budaya gitu, ada pemberi kado misterius alias “Wichtel” yang ngasih kita kado 4x berturut2 tiap minggu ampe natal. Pertamanya kita ambil undian kayak arisan gitu. Seru deh pas kado terakir, para Wichtel jujur2an sama orang yang dikasih kadonya bahwa mereka wichtelnya. Terus natal disini ya seperti biasa, makan2, kado2, buka kado2. Gua dapet banyak banget kadooooo, swiss army knife, glee DVDs, buku resep makanan, buku Guinness world records 2012, pullover ICETEA nya Migros gitu hahaha etc. Disini gua pertama kali nyobain ski. Belajar ski sumpah hari2 pertama susah banget. Terus setelah 2 minggu, behhh lancarrrrr. Gua diajak ke Alpen desember kemaren sampe awal januari, Winterferien, ke Toggenburg, St. Gall. Disana kita schlitteln, ski fahren, et cetera. Tahun baruan kita kemaren di Hotel Sternen di atas gunung, kayak dengerin lawakan2 swiss german yang gua ga ngerti sama sekali , makan2, ngobrol2. Oh iya minggu lalu gua ke konser salah satu band di swiss! 77 Bombay Street. Lagu2nya sih bahasa inggris hmmmm cuma ada band lainnya juga Hecht, dan lagu2nya… Schwiizerdüütsch. No comprendo. Hmmm I think that’s all.😀

Tinggalkan Balasan

