1st Month in Switzerland

Well, sekarang udah 1 bulan di swiss hehe. pertamanya baru nyampe sih impressed banget! flughafen zürich, gedung tempat garbarata2 nya sama gedung immigration + baggage claimnya terpisah gitu. kita harus naek kereta. dan yang bikin impressed adalah, timernya, hahaha disini orang semuanya tepat waktu, sekalinya kalo telat paling cuma 1 atau 2 menit! hehehe
aku disini tinggal di lenzburg, kanton aargau. lenzburg itu salah satu kota historikal di swiss, ada kastil, ada kota tua nya, banyak deh, dinding yang dari jaman dulu yang melingkari lenzburg juga masih ada sampe sekarang. penduduknya cuma 8200! ga pantes sih dibilang kota cuma, karena emang menurut sejarah dari dulu lenzburg itu kota😀 ‘stadt lenzburg’. rumah aku disini tepat di jalan di bawah kastilnya. view nya keren banget! hehe
hostfamily aku disini adalah American-Chinese Swiss family. mereka udah di swiss sejak 20 tahun lalu. aku sih merasa beruntung karena nasi dan mi pasti selalu ada😀 hostfam nya seru! di rumah kita biasa pake bahasa inggris, semua orang di rumah termasuk nanny nya lancar bahasa inggris. tapi tiap hari kita selalu ada aja ngobrol auf deutsch, practice biar bahasa jerman saya lancar hahahaha hostparents aku pulangnya selalu sekitar 6pm gitu. jadi aku, sama hostbro, di jaga sama nannynya, Anna, dia orang belanda berdarah setengah indonesia loh! soalnya neneknya orang indo. Anna lancar banget inggris, belanda, prancis, sama bahasa jermannya! btw dia mirip Gwyneth Paltrow! hehehehe
Untuk environment sih asik banget! disini ijo banget. didepan rumah itu kayak masih lapangan ijo kosong, rumah aku disini itu kayak di deretan rumah di jalan berbukit, di jalan sini sih pada tajir2 hahaha. tetangga kanan dokter. kiri, keluarga swiss, cuma mereka pernah 6 bulan belajar inggris di aussie, jadi mereka kalo ngomong with me agak2 nyampur inggris sama jerman gitu haha
sekolah, mmmm sekolah disini asik kok! di lenzburg ga ada Kantonsschule, aku sekolahnya di kota lain, di Wohlen, di kantonsschule Wohlen. disana aku kembali keeee kelas 1 SMA. hahaha anak2nya seru, walaupun mereka semua emang agak tertutup, kita yang harus deketin mereka, terutama anak2 cowonya. guru2nya juga asik kok. terus sistem sekolahnya kayak kuliah. kalo ada jam sekolah yaaaa sekolah. kalo engga ya pulang aja kerumah, kalo ga jalan kek kemana, atau ke perpus hehe. tiap anak kayak dapet daftar pelajaran personal gitu! seru deh
oia lebaran bulan lalu seru loh! aku kayak masak rendang gitu buat 1 rumah, terus kita makan bareng, indonesian style, pake garpu dan sendok, hehehehe

mmm itu saja dari saya tentang 1 bulan pertama di swiss. have a good day!

Tinggalkan Balasan

