Mesti Mengulang Satu Tahun di SMA? Males Ah…

Banyak sekali pelajar di seluruh Indonesia yang tertarik dan antusias untuk mengikuti seleksi pertukaran pelajar Bina Antarbudaya yang merupakan mitra dari AFS Internasional, program pertukaran pelajar pertama di dunia. Banyak pula ternyata yang sangat disayangkan, para pelajar merasa enggan untuk mengikuti seleksi dengan alasan tidak mau untuk mengulang satu tahun lagi di masa SMA mereka.

Memang benar untuk year program seperti YES, AFS, dan JENESYS, para pelajar harus kembali mengulang lagi satu tahun ajaran di SMA yang mereka tinggalkan karena mengikuti pertukaran pelajar di luar negeri. Namun percayalah, konsekuensi tersebut bukanlah sesuatu yang merugikan dibandingkan dengan sejuta pengalaman hidup yang sangat berharga yang didapat selama kurang lebih satu tahun di luar negeri. Yang dikatakan “rugi satu tahun” itu adalah bukan apa-apa. Hanya orang-orang yang tidak memiliki keinginan untuk membuka mata melihat dunia lah yang berkata “rugi”.

Ada beberapa juga yang berkata seperti ini, “Ngapain ikutan AFS kalo mesti ngulang satu tahun SMA? Kenapa nggak nanti aja waktu kuliah S1 atau S2 di luar negeri? Kan gak mesti ngulang-ngulang tuh?”

Hmm… mendengar pernyataan di atas rasanya terdengar seperti orang-orang yang berpikiran pendek ya? (Hehe). Memang sih, mungkin teman-teman bisa ke luar negeri pada saat menempuh S1 ataupun S2. Tapi, tittle sebagai “foreign exchange student” yang dipegang selama mengikuti pertukaran pelajar itu akan terasa sangat berbeda jika kita ke luar negeri untuk melanjutkan perkuliahan. Karena, proses selama menjadi exchange student itu mempunyai taste tersendiri. Kita akan dipercaya sebagai duta muda Indonesia, menjadi jembatan perdamaian bagi para penduduk dunia. Tinggal bersama host family dan hidup layaknya penduduk negara hosting, itulah yang merupakan keuntungan yang bisa didapat bagi seorang foreign exchange student. Ditambah lagi dengan wawasan global yang didapat setelah mengikti program, dan tentunya di usia yang masih muda (17-18 tahun), hmm…. rasanya “rugi” satu tahun itu benar-benar NOTHING deh.

So, do NOT close your mind with that perception! Let’s build the bridge of understanding on this earth!🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s